فبلاغةُ الكلامِ: مطابقتُه لِمُقْتَضى الحالِ، معَ فصاحتِه.
BALAGHAH KALAM : Kesesuaian kalam dengan muqtadhal-haal (tuntutan keadaan) bersamaan dengan fasih kalamnya.
والحالُ، ويُسمَّى بالمقامِ، هوَ الأمرُ الحاملُ للمتكلِّمِ على أنْ يُورِدَ عبارتَه على صورةٍ مخصوصةٍ.
Haal (keadaan) dinamakan juga maqom (kedudukan/motif) yaitu perkara yang mendorong mutakallim untuk mendatangkan ungkapan dalam bentuk khusus
والْمُقتَضَى، ويُسَمَّى الاعتبارَ المناسبَ، هوَ الصورةُ المخصوصةُ التي تُورَدُ عليها العبارةُ.
Muqtadhaa (tuntutan) dinamakan juga pertimbangan yang sesuai, yaitu ungkapan dalam bentuk khusus itu sendiri yang mana didatangkannya sebagai ibarot.
مَثَلًا: المدحُ حالٌ يَدْعو لإيرادِ العبارةِ على صورةِ الإطنابِ، وذكاءُ المخاطَبِ حالٌ يَدعو لإيرادِها على صورةِ الإيجازِ، فكلٌّ من المدْحِ والذكاءِ حالٌ، وكلٌّ من الإطنابِ والإيجازِ مُقْتَضًى، وإيرادُ الكلامِ على صورةِ الإطنابِ، والإيجازِ مطابَقةٌ للمُقْتَضَى.
Salah satu contoh: 1. Pujian adalah Haal (keadaan), ia menuntut untuk didatangkan ibarot dalam bentuk ithnab (redaksi terperinci). 2. Kecerdasan lawan bicara adalah Haal, ia menuntut didatangkannya ibarot dalam bentuk ijaz (redaksi ringkas padat), maka tiap-tiap dari pujian atau kecerdasan lawan bicara tsb dinamakan Haal. Dan tiap-tiap bentuk ithnab dan ijaz dinamakan muqtadhaa, mendatangkan kalam dalam bentuk ithnab atau ijaz dinamakan kesesuaian kalam dengan muqtadhaa (dalam hal ini muqtadhal hal/sesuai dengan tuntutan keadaan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar